Senin, 13 Juni 2011

Mobile Edition Maker : MEMBUAT MOBILE VERSION BLOGSPOT SEPERTI DI WORDPRESS

 Blogspot merupakan salah satu platform blog terbesar selain wordpress. banyak blogger menggunakan Blogspot karena dianggap lebih simple dan mudah, namun ada salah satu kekurangan blogspot, yaitu tidak ada plugin atau add on seperti wordpress yang menunjang performa blog kita. salah satu yang menurutku paling keren di wordpress tapi tidak kita di dapat di BLOGSPOT ialah plugin 'MOBILE VERSION' .

Apabila kita menggunakan wordpress kita dapat menginstalkan plugin mobile version ini dengan mudah di blog kita, sehingga pengunjung yang mengakses blog kita lewat perangkat mobile/handphone/opera Mini akan secara otomatis ter direct ke tampilan yang jauh lebih simple (mobile version) dan memudahkan pengunjung dalam membaca isi konten blog kita .


Namun apabila kita menggunakan blogspot, kita tidak akab mendafatkan fitur ini.

tetapi ada cara agar kita juga bisa membuat blog kita tampilannya sesuai dengan browser atau hp secara otomatis. yaitu dengan http://bloggertouch.sopili.net.

Cukup dengan masuk ke situs itu lalu daftarkan blog kita di sana . kita akan mendapatkan script yang kemudian kita masukan ke blog kita (ADD GADGET --. ADD HTML) .


CUKUP dengan 3 langkah saja blog kita sudah mobile friendly.


Akan tetapi dengan menggunakan ini kemungkinan visitor murni ke blog kita akan berkurang, karena kalau pengunjung yang mengakses blog kita lewat hp akan secara otomatis direct ke situsnya
'blogger touch' namun aku belum tahu apakah itu berpengaruh atau tidak terhadap peringkat blog kita karena di dalam google webmaster sendiri sudah terdapat CHTML Mobile, WML/XHTML mobile blog anda. yang artinya ini di AKUI keberadaannya dan kunjungannya dari pengunjung yang terdirect itu tetap terhitung di google analytics.

Cara bikinya cukup gampang , tanpa perlu registrasi. Kalau sobat mau coba silahkan menuju ke http://bloggertouch.sopili.net.


Step 1 : Isi alamat blogspot website anda
 
Step 2 : Buat ID blog anda lalu Add code secara otomatis (butuh login ke blogger)

Step 3 : Verivikasi id blog anda
 
Step 4

Lihat blog anda lewat browser mobile anda misal opera mini (as-salafiyyah.blogspot.com) atau browser biasa (dengan alamat http://bloggertouch.appspot.com/assalafiyyah atau semisalnya)


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 komentar

  1. wah... nice post kk...
    baru tau pake cara ini.

    tapi skarangkan dah ada fitur dari bloggernya sendiri y kk... CMIIW
    contohnya :
    http://boloplekcd.blogspot.com/?m=1

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar
EmoticonEmoticon