Selasa, 20 November 2007

Maktabah Al Marji' Al Akbar : Lengkap dan Bisa Dipertanggungjawabkan Naskahnya

Subkhanalloh...... itulah yang pertama kali keluar dari mulut mungil kami, setelah berhasil menginstall dan mencicipi al marji' al akbar, satu software kumpulan ribuan kitab sebagaimana asy syamilah, begitu cepat dan sangat komphrehenseif, bayangkan saja kalo syamilah butuh beberapa menit untuk mencari suatu lafad dalam satu bidang kitab, maka al marji' hanya butuh 0.00001 detik, maka data yang anda inginkan sudah tersedia dari 12.000 jilid kitab yang ada.....

DVD sebesar 3,2 GB kalu diinstall butuh 3.7 GB, dan indahnya lagi butuh DVD originalnya untuk membuka dan mengawali programnya...., setelah program terbuka, DVD boleh disingkirkan. Namun sekuat apapun proteksi CD or DVD, ternyata bobol juga oleh sebuah kebetulannn... Matur nuwun Pak Hasan dan Pak Ali As'ad atas oleh-oleh kitab tersebut dari Haji di tahun 2007 kemarin.

Marji' mempunyai fitur yang lengkap, jumlah kitab yang relatif komplit, dan disertai dengan puluhan theme yang indah serta naskah yang ada dijamin keotentikannya, tidak seperti naskah-naskah yang ada di maktabah syamilah, yang kadang hilang dan tak lengkap serta sumbernya tidak menentu.

Kunjungi situs aslinya (dulu namanya elarris, sekarang jadi http://www.digital-future.ca).

























Bagi para pecinta ilmu-ilmu keislaman, barangkali tidak asing dengan software yang maha dahsyat, yaitu Maktabah Syamilah versi 3.2 yang memuat 10.000 kitab lebih. Namun demikian, sering muncul kecurigaan di kalangan para santri atau mahasiswa tentang konten kitab, adakalanya halamannya kurang, kalimatnya salah atau berubah. Hal ini sebenarnya bisa dipahami, karena Maktabah Syamilah berbasis open source, yakni siapapun yang akan menambah atau mengurangi kitab atau kalimatnya, sangat mudah dilakukan, baik untuk tujuan melengkapi referensi atau untuk mengaburkan isi.


Bagi kita yang kebetulan curiga, ada baiknya mencoba software lain yang sama dahsyatnya, bahkan 10 X lebih cepat dibanding Maktabah Syamilah dan terjamin keasliannya, sebab tidak bisa dirubah atau terprotek secara bagus dan mayoritas kitab berharakat. Lebih hebat lagi software ini, tidak terlalu pro wahabi sehingga lebih selektif memilih kitab. Justru kamus al-Munjid ditemukan di sini. Software ini tidak dibagikan gratis, melainkan dijual sekitar 300 riyal melalui penerbit al-Arees. Meski demikian, bisa dikopi melalui DVD dengan format image dan dioperasikan dengan software Magic ISO virtual.
Al-Maktabah Al-Marji’ Al-Akbar lit turats al-Islamy 2.0 adalah software kompilasi kitab-kitab digital, yang jumlah database kitabnya terdiri 1200-an judul kitab, yang terangkum dalam beberapa bidang ilmu, diantaranya:
1. Menghubungkan teks kitab fiqih dengan syarahnya masing-masing
2. Bantuan untuk syarah hadis
3. mampu mengontrol dan menentukan sendiri model pencarian dan hasil pencarian yang diinginkan
4. mampu mengopi tabel-tabel hasil pencarian atau teksnya ke dalam aplikasi microsoft word
5. terdap indeks ayat-ayat Al-Quran, teks hadis, fiqh, dan rijal
6. mampu menambahkan catatan tertulis dan suara ke link yang ada
7. bisa langsung menggunakan kamus yang ada untuk mencari kata yang asing
8. mendukung beberapa bahasa interface, arabic, english dan france
9. Fitur-fitur yang ada bisa dipelajari secara cepat lewat tutorial video
10. Mendukung polonian search (atau, dan, tanpa)
Tampilan menu bar pada baris pertama di MA yang terdiri dari lima menu utama : (1) ملف(file), (2) تحرير (edit), (3) عرض (view), (4) مؤشرات (bookmark), (5) أدوات (tool), (6) مساعدة (help). Pada baris kedua terdapat menu بحث (search) beserta alat geser ke depan dan ke belakang. Pada menu ملف(file), terdapat empat pilihan submenu; (1) طباعة صفحة …. (mencetak halaman tertentu), (2) طباعة كل الصفحات (mencetak keseluruhan halaman), (3) إعداد الطابعة (mengatur cetakan), (4) خيارات (pilihan).

Pada menu مؤشرات (bookmark) terdapat dua submenu; (1) إضافة مؤشر (menambahkan bookmark), (2) ترتيب المؤشرات (mengurutkan bookmark). Pada menu عرض (view), terdapat lima submenu; (1) لائحة المحتويات (daftar isi), (2) نتيجة البحث (hasil pencarian), (3) شاشة عرض جديد (layar tampilan baru), (4) الذهاب إلى (menuju ke halaman tertentu), (5) حجم النص (ukuran teks).
Pada menu تحرير (edit), terdapat sepuluh submenu; (1) نسخ (mengkopi dokumen), (2) نسخ إلى وورد (mengkopi ke file word), (3) بحث متقدم (pencarian canggih), (4) بحث عن الكلمة المختارة في المعاجم (mencari kata pilihan dalam beberapa kamus), (5) بحث داخل النص (mencari kata dalam teks), (6) بحث عن كتاب (mencari kata dalam kitab), (7) إضافة ملاجظات (memberikan tambahan catatan), (8)صوتية ملاجظات إضافة (memberikan tambahan suara), (9) لائحة الملاحظات (daftar catatan) dan (10) ربط مع وورد (menghubungkan dengan program word).
Kelebihan Al-Marji’ al-Akbar
1. kecermatan pencarian menjadi prioritas
a. menampilkan jumlah glabal hasil pencarian secara cepat
b. mengurutkan hasil pencarian berdasarkan :
(1) urutan kitab
(2) urutan tema yang terkait kata kunci yang dimasukkan
c. menampilan semua hasil pencarian satu tema dalam satu layar
2. Pencarian dengan kata: dan, atau, dengan tanpa, akar kata, bisa dicari dalam waktu bersamaan
3. Ditambahkan link pencarian: mirip dan tidak dengan
4. Ayat Al-Quran ditampilkan dengan rasm utsmani dan dengan bullet khusus mushaf
5. Mengkaitkan satu kamus dengan kamus yang lain
6. Dapat menggunakan nomor juz dan halaman untuk membuka teks
7. pencarian bebas menjadi pencarian yang komprehensif dalam seluruh isi teks
8. Jumlah indeks yang tak terbatas, memungkinkan pengguna menambahkan indeks disamping pengetahuan yang sudah ada untuk diakses kemudian
9. Perpindahan antar buku, memungkinkan pengguna untuk mengakses secara mudah buku yang diinginkan
10. Search engine sangat canggih, memungkin pengguna menentukan area pencarian dengan menseleksi semua kitab “marji’ akbar” atau kitab tertentu, juga dapat menentukan tema pencarian. Setelah menentukan pilihan, pengguna dapat memasukkan kata yang dicari sehingga secara otomatis terjadi updating tampilan yang diurutkan secara alpabet yang diawali dari kata yang dicari.


.

34 komentar

  1. Saya berminat dgn CD/DVD Maktabah Al Marji' Al Akbar. Bisakah saya mendapatkannya? Bagaimana caranya? Bisakah dikirim CD/DVD-nya ke alamat saya? Atau adakah situs Internet utk men-download-nya? Terima kasih. Salam 'alaykum. [Thoriq].

    BalasHapus
  2. Kirim nama dan alamat pos ke 085215695370. Dua puluh ribu per keping mohon dikirim ke rek. saya setelah DVD sampai.

    BalasHapus
  3. M. Gafuri (gaffz1975@yahoo.co.id)11:29 PM

    Assalamualaikum... kang alif, saya M. Gafuri di kalimantan, yg kemaren sampeyan kirim DVD Marji al-Akbar.. thanks banget atas DVD nya.. Saya ada sedikit masalah kang, sewaktu saya install softwarenya di laptop saya (OS: Win 7, untuk Alcohol 120% saya pake yg kompatibel), setiap kali ngetik untuk mencari hadits misalnya, huruf arabnya ga bisa berfungsi.., udah utak-atik ke sana ke mari ga nemu2 juga pemecahannya.. Mohon pencerahannya kang.. Kalo yg saya install di comp. dengan OS Win XP ga ada masalah kang.. Wassalamualaikum wr. wb.

    BalasHapus
  4. mungkin masalah setting arabicnya di control panel... saya belum coba utak-atik win7 nih..

    BalasHapus
  5. Anonim7:38 PM

    @M. Gafuri Coba cari di regional setting dan gunakan unicodenya arabic (saudi dll)

    BalasHapus
  6. Kang juman,Syamila view er dah tak instal,tapi kok gk ke baca ya:-)!?hurufnya jadi tanda tanya semua.padahal kompiku yg pake OS windows 7 dah support bhs arab.biasa buat ngetik arab,apa yg gk beres?Bls dong

    BalasHapus
  7. Anonim9:47 AM

    Subhanallah, alhamduliilah, ada kaum muslimin yang mau meluangkan waktunya untuk agama islam, kang saya tertarik dengan isi web Anda, bolehkah saya minta daftar harga Cd yang ada di web sampean, tolong kirim ke aburana81@yahoo.co.id, jaza kumullah khaira jaza

    BalasHapus
  8. Anonim6:11 PM

    syukron gus atas infonya...
    ada usulan,... bagaiaman cara mendapatkan terjemahan 9 kitab hadis versi pdf atau lainnya?
    yang saya tahu hanya ada versi offline dan onlinenya... di:
    http://lidwa.com/app/

    BalasHapus
  9. Anonim11:00 AM

    ada yang sudah membuat versi Access. Bisa berharakat atau tanpa harakat, dan dengan arti indonesian nya, cuman ini buat personal, non komersil

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. sholehismail98@gmail.com

    bagi temen2 yang belum bisa meng-arab-kan win7 untuk marji'ul akbar atau asy-syamilah silahkan ikuti langkah2 berikut :
    1. control panel
    2. region and language
    3. administrative
    4. change system locale... .
    5. pilih current system locale: arabic (saudi arabia) dll.
    6. apply
    7. selamat mencoba

    BalasHapus
  12. Anonim12:18 PM

    sudah ada versi mobile-nya belom? saya tunggu info terbarunya.....

    BalasHapus
  13. aslm alaik... ana pesen marji' nya kang .! sukron. ini alamat saya : moch. syechun nujaba pp. manba'ul ulum ds.bulu kec.sugihwaras kab.bojonegoro 62183

    BalasHapus
  14. Anonim5:46 PM

    Mas,msh bs mesan marjiul akbar nya gak???. Klo msh bisa saya mau pesan mas,gmn cara nya???.

    BalasHapus
  15. nidhom subkhi6:09 AM

    assalamu'alaikum
    saya nidhom dari malang. alhamdulillah saya berterima kasih sekali karena kemarin tgl. 4/1/'12 marji' al-akbar telah saya terima dan telah saya instal dan hasilnya .... sangat memuaskan. terima kasih mas Alif jazaakalloh bikhoir. cuma saya bingung pembayarannya karena sya belum menemukan no. rekening dari mas alif. tolong konfirmasi no. rekeningnya ke no. Hp saya 085655589307 atau 0341-9750225. terima kasih.wassalam.

    BalasHapus
  16. kg nidhom, alhamdulillah....

    BalasHapus
  17. yang mau pesan, masih bisa menghubungi 085215695370 (alif)

    BalasHapus
  18. Adnan9:15 AM

    brother, i want this dvd iso download link. please send me: nsmrezaur@gmail.com

    BalasHapus
  19. Anonim9:44 PM

    bagaimana menginstall maji al akbar

    BalasHapus
  20. Anonim8:46 PM

    mas giman cara nginstalnya..

    ap harus pake dvd nya terus??

    BalasHapus
  21. marji akbarnya ayat-ayat al qur'annya tidak keluar bagaimana tuh.. apa masalahnya?

    BalasHapus
  22. Ayat alqur'an memang tidak muncul untuk marji akbar versi 2 jika diinstall di win 7 ke atas.
    SOLUSINYA install marji akbar versi 3 yang lebih bagus dan kompatibel dengan win 7.

    SUDAH TERSEDIA MARJI AKBAR VERSI 3, hubungi 085215695370 utuk mendapatkannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim1:33 AM

      assalamu alaikum
      kang saya pesen CD atau DVD nya saya muhammad nurudin ponpes alma'ruf bandungsari kec. Ngaringan
      kab. Grobogan jawa tengah
      kode pos 58193
      no hp 085741345711
      kalau bisa tolong di kabari za
      sebelumnya saya ucapkan bnyak terima kasih

      Hapus
  23. Anonim8:12 AM

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Langsung aja Kang saya mau pesen Marjiul Akbar tolng jenengan kirim ke alamat : Jl. Muh. Seruji No. 16 Kasiyan Timur - Puger - Jember - Jawa Timur Kode Pos 68164 (Pon. Pes. Bustanul Ulum 03 Kasiyan Timur)dan kalau sdh di kirim sms saya ke no 08135880737. trims kang atas bantuannya. salam perjuangan dakwah islam

    BalasHapus
  24. Anonim8:16 AM

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Langsung aja Kang saya mau pesen Marjiul Akbar tolng jenengan kirim ke alamat : Jl. Muh. Seruji No. 16 Kasiyan Timur - Puger - Jember - Jawa Timur Kode Pos 68164 (Pon. Pes. Bustanul Ulum 03 Kasiyan Timur)dan kalau sdh di kirim sms saya ke no 081358280737 atau ke email (boimwong70@yahoo.co.id) trims kang atas bantuannya. salam perjuangan dakwah islam

    BalasHapus
  25. mas saya mau pesan cd /dvd ma-nya dengan alamat muzammil jl kha rasid gang makmur pedekik bengkalis dan mohon no rek banknya dan besaran harga ganti soft copy dan terimakasih. wassalam

    BalasHapus
  26. Anonim8:41 AM

    aslkm. Kang Alif, ane pesen DVD maktabah al Marji' al Akbar n (maktabah waqfiyah n maktabah kamilah, jk punya). tlog no rek. ente. alamat ane, M. Zainudin, S.Pd d/a SMPN 1 Bangsri jln. Wijaya Kusuma 79 Bangsri 59453 Jepara Jawa Tengah. Syukron Jaziilan.

    BalasHapus
  27. Nitip link za,,,, Trims Marji' al kabir 3.0

    http://game4edu.blogspot.com/2013/07/paket-dvd-marji-al-kabir-v-30_6.html

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum wr. wb. kang saya pesan dvdx.. alamat saya : PP. Darussalam Martapura, Jln. KH. Kasyful Anwar Kelurahan Pasayangan Martapura Kab. Banjar Kalsel 70619. No. HP 085393391284. syukran

    BalasHapus
  29. Saya pesan
    Nama: Abdul Somad
    Alamat: Jalan Swadarma Raya Kampung Baru 8 No 6 Rt 09 Rw 02 Kelurahan Ulujami Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan 12250
    No hp +62 818-0719-9804

    BalasHapus
  30. maaf gus bs bantu sy install almarjiul akbar v 3 tanpa dvd, maksdnya hasil download

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. maaf gus bs bantu sy install almarjiul akbar v 3 tanpa dvd, maksdnya hasil download

    BalasHapus
  33. assalamualaikum. mas sy coba hub no sampean tp tdk aktif lg

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar
EmoticonEmoticon