Selasa, 15 Februari 2011

Membuat Image Norton Ghost Windows XP Universal : Kloning Untuk Semua PC

Beberapa minggu yang lalu saya kedatangan tamu spesial, yang mempunyai karakter dan hobby yang mirip dengan saya. Banyak hal yang saya dapatkan darinya, dari banyaknya pengalamannya, terutama soal koleksi cd, dvd dan downloadan. Karena hardisk saya sudah limit maka dari 500 hardisk portablenya, hanya beberapa GIGA yang sempat mampit ke netbook pink-ku, yakni file iso cd ghost-ghost an Windows XP universal yang bisa dikloningkan ke semua PC. 

Setelah mencobanya dikloningkan ke beberapa PC dan netbook, hasilnya cukup memuaskan, Windows langsung bisa bunyi dan tanpa kesulitan mengetik serial number dan masalah craking lainnya. Namun sayang beberapa aplikasi yang include berbahasa asing yang sangat asing (mungkin thai atau rusia). Karenanya alif mencoba mencari dokumen cara membuat image Ghost Universal sendiri, sehingga Windows kloningan menjadi yang saya inginkan (terutama Office, arabic support dan multimedia tentunya). Dengan Everything Searh Engine, bisa ditemukan dokumen itu ada pada folder downloadan saya dengan nama "05april2010", hampir setahun lalu saya menemukan caranya, hanya saja belum sempat dipraktekkan.

Ternyata analoginya, SPAT akan membuat Windows berkonfigurasi tertentu dan membuat skydriver atau Easydriver sebagai pendeteksi driver yang dibutuhkan dan menginstallnya otomatis saat pertama kali booting dari hasil ghost-ghost an (dan Windows induk pun terkena nasib yang sama, sehingga semua driver yang sudah diinstall akan dihapus dan dihilangkan otomatis oleh SPAT). Sehingga setelah ujicoba ini Windows pun saat di restart akan seperti ghost-ghost an, akan melakukan setup mini terhadap driver yang telah dihapus.

Ghost-ghost an Windows XP normal umumnya akan gagal dikloningkan pada komputer lain karena masalah hardware alias driver, nah dengan metode ini kita bisa memecahkan masalah tersebut. Kalaupun bisa, biasanya tidak setabil dan sering ngadat.

Untuk membuat image ghost universal sebetulnya caranya sangat mudah, kita hanya butuh dua aplikasi utama yaitu SPAT (System Preparation Assisted Tool) dan Skydriver atau easy driver dari sky123.org

Cara simpelnya :

1. Install atau buat (konfigurasikan) Windows XP anda sebaik mungkin dan selengkap mungkin seperti yang anda inginkan atau butuhkan. Dan hapus file yang tidak berguna. Untuk aplikasi driver tidak masalah diinstall atau belum.

2. Download dua aplikasi yang dimaksud. SPAT download di sini , dan Easydriver di sini .

3. Ekstrak SPAT dimana saja boleh, tapi untuk Easydriver harus di C:\Sysprep, buat folder "Sysprep" pada C:\ atau rename saja folder ekstrakan easydrivernya dengan "Sysprep".

4. Siapkan gambar background setup yang akan tampil pada saat image ghost pertama diboot dan sysprep melakukan installasi mini. Misal setup.jpg (bisa 800x600 atau 1024x768 24 bit format jpg). Taruh gambar itu pada folder C:\Sysprep.

5. Jika semua sudah siap, jalankan saja SPAT*.EXE. Kita menuju ke menu tab "General" dan pilihlah "select all". Klik pada "Background picture" dan pilih setup.jpg yang sudah disiapkan (C:\Sysprep\setup.jpg).

6. Masuklah pada tab "Interface" dan pilihlah "Run before mini-setup" dan pastikan menambahkan C:\Sysprep\Easydrv.exe (atau nama semisalnya dari Skydriver atau easydriver).

7. Masuklah ke tab "Reseal" dan pilihlah/centang hal-hal yang anda sukai.

8. Kembali ke tab "General" dan klik "sysprep".

9. Sysprep akan bekerja 2 - 5 menit, biarkan hingga berhenti sendiri dan window nya hilang sendiri. Setelah selesai tunggu sekira 1 menit, lalu Shutdownlah Windows anda. Siapkan booting dari CD atau USB yang ada Norton Ghost atau aplikasi kloning lainnya (saran saya Hiren'sbootcd atau BoloplekCD).

10. Pada saat itu posisi drive C:\ siap di kloning dan simpan hasilnya pada drive lain. Image ghost nya bisa dijadikan master windows semua pc dan laptop / netboot yang mendukung Windows.

Pada pengalaman saya, setelah ujicoba, Windows induk jadi tidak bisa standby dan hibernate dan tidak bisa shutdown otomatis, perlu mencet tombol power untuk mematikan Windows, tetapi mungkin itu hanya untuk kasus saya (saya belum install ulang driver-driver netbook bawaan). Maaf, Screen shoot belum bisa diunggah, maklum dari modem yang lebih lemot dari wifi sekolah.

Untuk Windows Vista dan 7, bisa menggunakan Easy Sysprep yang lebih handal, mendukung semua versi Windows. Selamat mencoba dan bahagia....(tidak ada alasan lagi untuk install windows berjam-jam).

24 komentar

  1. Anonim1:20 PM

    Mas Alif, linknya eror

    BalasHapus
  2. coba http://download6.mediafire.com/5cr4j4ksrmwg/vr6fppb7kjmwt2p/[20110101]SPAT6.0.9.9[A][Beta_3][gostep.info].rar
    http://download227.mediafire.com/4v1g2cvxwpag/2n2y1va1ehtm0ca/Easy_DriverPacks_5.02Beta_Gostep.info.part2.rar

    BalasHapus
  3. Download Easy Driver v5 Beta 2
    http://www.mediafire.com/?he6q54zythx8n9j
    http://www.mediafire.com/?2n2y1va1ehtm0ca

    BalasHapus
  4. gostep.info memang kadang down

    BalasHapus
  5. ini yang aku cari kang makasih ya
    www.blogwahyu.co.cc

    BalasHapus
  6. Anonim10:25 PM

    ini yang aku cari...
    save dulu urlnya...
    tank bro...

    BalasHapus
  7. Oke kalau untuk windows xp, terus kalau untuk win7 gimana gan? Kira2 ada yag tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim7:42 AM

      kalo untuk win 7 biasanya langsung aja, gak perlu pake yg ginian langsung ke detect dual chanel nya

      Hapus
  8. part.2 nya error gan....

    BalasHapus
  9. copas.... yg kreatif gak bisa kah? fuck.!

    BalasHapus
  10. Terimakasih mas alif mudah-mudahan ilmunya ditambah deh amin...

    BalasHapus
  11. jacky, justeru ini satu-satunya pengalaman pribadi yang saya tulis dengan teliti...
    kalau di website lain ada tulisan seperti di atas persis, maka yakinilah pasti copas dari sini... :-)

    BalasHapus
  12. wahyudin, coba download lagi lagi dan lagi bila masih gagal..

    BalasHapus
  13. Anonim2:46 AM

    waduh mas makasih banget loo ilunya...!!! mudah2 an bisa work dengan baik...!!!! sebagai tanda terimakasih atas ilmunya saya trasferin do'a deh ya mas bro ya..!!! hehehhehhehe

    ijin tak coba ya mas ya..!!!!!

    BalasHapus
  14. Anonim9:16 PM

    ilmu memang untuk dikembangkan dan jangan pelit terhadap ilmu, sebab ilmu itu walaupun dibagi kesemua orang tidak akan berkurang, betul...betul...betul...

    BalasHapus
  15. ane ada 1 pertanyaan bos...lha itu nanti apabila file image-nya mau dipake untuk install ke computer lain gmn bos,,,pdhal kan tetep butuh cd hiren's..sedang komputer cuma punya 1 cdroom dan sudah dipake oleh cd hiren's.

    BalasHapus
  16. Anonim12:43 AM

    Pada pengalaman saya, setelah ujicoba, Windows induk jadi tidak bisa standby dan hibernate dan tidak bisa shutdown otomatis, perlu mencet tombol power untuk mematikan Windows, tetapi mungkin itu hanya untuk kasus saya
    " solusi supaya shutdownnya otomatis bgian .Update ACPI to ide standart PC nya jangan di kasih cek list...."

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul .... tanpa nama....
      makasih atas solusinya...

      Hapus
  17. pakai http://boloplekcd.blogspot.com/2009/03/boloplek-multibootable-cd-2009.html yang bisa baca usb flash / hard disk dimana file ghos berada..

    BalasHapus
  18. error semua mi boss

    BalasHapus
  19. g bisa di download gan error

    BalasHapus
  20. saya sudah buat file image backup lalu restore untuk pc laiinya..kok jd B>O>D ya bos...adakah solusinya..?

    BalasHapus
  21. link donlotnya invalid Gan...!

    BalasHapus
  22. Anonim12:57 PM

    ni kasih solusi link terbaru..
    asay driver
    win xp http://adf.ly/JFoHb
    win 7&8 32bit http://adf.ly/JFnxa
    win 7&8 64 bit http://adf.ly/JFnLj

    sumber: http://giga-production.blogspot.co.id/2013/04/windowes-easy-driver-packs-5291-for.html

    hargailah jerih payah orang lain..

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar
EmoticonEmoticon