Kamis, 18 Juni 2009

Catatan Rilis BlankOn 5.0 Nanggar

akarta 16 Juni 2009 - Pada hari ini Pengembang BlankOn resmi meluncurkan BlankOn versi 5.0 dengan kode rilis Nanggar, budaya yang diangkat pada versi ini adalah budaya dari Batak, nama “Nanggar” diambil dari bahasa batak yang mempunyai arti “Palu”.

Beberapa fitur khas baru yang dibawa oleh Nanggar di antaranya adalah Desktop Berkonteks yang dikembangkan oleh Tim Pengembang BlankOn, yang mampu mengganti tema serta gambar latar desktop sesuai jam komputer atau kondisi cuaca yang sedang berlaku saat itu.

Fitur khas lain pada BlankOn Nanggar adalah edisi terkini proyek Aksara Nusantara yang memersembahkan kemampuan menulis dan menayangkan teks dalam aksara Batak Toba. Untuk mengikuti proyek Aksara Nusantara silakan ikuti tautan http://code.google.com/p/aksara-nusantara/

BlankOn Nanggar menyertakan buku panduan penggunaan lengkap yang bisa didapatkan melalui tautan berikut ini http://blankonlinux.or.id/download/buku-panduan.pdf. Buku ini juga dapat Anda nikmati langsung pada sistem yang telah diinstal pada folder Contoh.

Fitur BlankOn Nanggar:
Desktop Berkonteks + GNOME 2.26
Program Perkantoran: OpenOffice 3.0.1, GNUCash
GIMP 2.6.6
Inkscape 0.46
Peramban Web Firefox 3.0
Kernel 2.6.28
Fitur BlankOn Nanggar Minimalis:
Desktop LXDE 0.3.2.1
Program Perkantoran: AbiWord 2.6.6, GNUmeric 1.8.4, GNUCash 2.2.6
GIMP 2.6.6
Inkscape 0.46
Peramban Web Epiphany 2.26
Kernel 2.6.28
Tentang BlankOn
BlankOn Linux adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia yang cocok untuk kebutuhan pengguna komputer pada umumnya. Dengan filosofi kemudahan dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia.

Tautan
Unduh BlankOn 5.0 Nanggar di :

BlankOn Nanggar : http://cdimage.blankonlinux.or.id/rilis/nanggar/
BlankOn Nanggar Minimalis : http://cdimage.blankonlinux.or.id/rilis/blankon-minimalist/nanggar/
Selain itu Anda juga dapat mengunduhnya pada cermin-cermin BlankOn yang di antaranya adalah:

Jakarta : ftp://kambing.ui.ac.id/iso/blankon/rilis/nanggar/
Jakarta : ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/blankon/rilis/nanggar/
Jember : ftp://mirror.unej.ac.id/blankon-cd/rilis/nanggar/
Timbal Balik dan Bantuan
Proyek BlankOn selalu membuka kesempatan bagi semua orang untuk berperan aktif dalam pengembangan BlankOn Linux. Bila Anda menemukan masalah dan cacat pada BlankOn Nanggar, mohon partisipasinya dengan melaporkannya melalui:

http://dev.blankonlinux.or.id/newticket

Dan jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan informasi lebih lanjut mengenai BlankOn, Anda dapat menggunakan beberapa tautan berikut ini :

Milis Pengguna blankon : http://groups.google.com/group/BlankOn
Milis Pengembang BlankOn : http://groups.google.com/group/BlankOn-dev
Forum pengguna : http://forum.blankonlinux.or.id
Bantu kami membuat BlankOn menjadi lebih bagus lagi.

Edisi BlankOn selanjutnya adalah BlankOn 6.0 yang rencananya akan diluncurkan pada bulan November 2009 yang akan mengangkat tema dari Sumatra Barat dengan kode rilis Ombilin.

Buku-panduan Blankon Linux

Silahkan Berkomentar
EmoticonEmoticon