Senin, 06 Desember 2010

Android Arabic text Reshaper : Meng-ARAB-kan Android


Android sampai dengan versi 2.2 masih belum mensupport arabic, tapi Alhamdulillah Android sendiri support “free font type”. Dengan demikian kita tidak perlu terlalu report memikirkan bagaimana me-render font dengan bitmap, atau jpeg atau graphics engine yang lain untuk menampilkan font yang secara default tidak di dukung oleh Android.
Dan untungnya lagi, Android juga support BiDi (bidirectional text), jadinya untuk kasus menampilkan tulisan arab yang cara penulisannya dari kanan ke kiri, tidak lagi terlalu bermasalah; hanya kita perlu reshaping setiap karakternya, agar karakter tidak terender secara terbalik.
dan Alhamdulillah nya lagi adalah sudah ada yang membuat arabic reshaper, sehingga untuk menampilkan text arab di device berbasis Android harusnya gak jadi masalah. namun, kabar buruknya adalah arabic reshaper tersebut tidak mendukung syakal/harakat/diacritics sehingga jika jika anda mencoba menampilkan text dalam aksara arab yang mengandung syakal, bakal berantakan tampilannya, seperti ini:

itu adalah screenshot aplikasi yang dulu pernah saya buat, untuk belajar Android, yang hendak saya ubah tampilan teks-nya yang semula menggunakan gambar, menjadi native text UTF-8 (karena pertimbangan memori yang bisa dihemat dengan tidak menggunakan gambar).
Alhamdulillah, arabic reshaper tersebut adalah open source, sehingga saya bisa mengubah kodenya agar mendukung penggunakan syakal. dan setelah saya membaca kodenya sekilas tadi, sepertinya tidaklah terlampau rumit untuk menambahkan kemampuan ini (InsyaaAllah). Saat ini, memang belum sempat untuk mengerjakan ini, tapi InsyaaAllah masih bisa menyisipkan waktu untuk hacking ini. karena jika kita bisa menampilkan tulisan arab dengan custom font (yang secara default didukung oleh Android), ada banyakkemungkinan manfaat yang bisa di dapat. (jampasir)

3 komentar

  1. Anonim7:16 PM

    mantaaap...

    BalasHapus
  2. Anonim12:21 PM

    gimana? sudah punya belum aplikasi arab untuk hp android?

    BalasHapus
  3. Anonim4:08 PM

    ya gimana dong caranya??

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar
EmoticonEmoticon