Opera Mobile Emulator : Mencoba Opera Mobile 11 on Windows XP

 
Browser Opera mempunyai beberapa versi, yaitu versi PC dan versi Mobile. Untuk versi Mobile yaitu Opera Mini, pasti sudah tidak asing lagi bagi Sobat. ^^ Opera Mini memang dikhususkan untuk Handphone (mobile), namun Opera juga mengeluarkan versi Opera Mobile (sekarang sudah versi 11). Untuk menjalankan opera mini di PC atau Windows butuh namanya emulator dari pihak ketiga. Saya sudah mencobanya dan cukup enak dipakai. Khusus untuk Opera Mobile, Opera software sendiri yang membuat Opera Mobile Emulator, meski versi opera mobile for Tablet  Windows 7 sudah tersedia.
Perbedaan inti antara Opera Mini dan Opera Mobile adalah Opera Mini menggunakan mesin di server opera sendiri untuk bisa mengkompress data web saat browsing, lalu data baru dikirim ke handphone, sehingga terasa cepat dan murah, sedang Opera Mobile merupakan Browser yang mandiri tanpa butuh engine server opera saat membuka website, sehingga data secara default tidak dikompress. Meski ada fasilitas TURBO yang bisa mengkompress hingga 70 % data web bila diaktifkan. Jadi kita bisa pakai Opera Mobile Emulator untuk koneksi internet lemot dan bandwidth limited (terbatas),

Saat posting ini dibuat, Opera telah merilis Opera Mobile Emulator 11. Banyak kelebihan yang ada dari versi sebelumnya, yaitu pengaturan jenis Handphone, Resolusi tampilan emulator, ketajaman gambar dan input tombol (Touch, keypad dan tablet).

Untuk tampilan Opera Mobile Emulator Tidak jauh beda dengan Opera Mini seperi di Handphone/smartphone. Dan pengaturan / setting opera mobile emulator ini juga tak berbeda dengan opera mini. Saya sangat suka dengan fasilitas Zooming (perbesarannya) yang sangat stabil.... Opera Mobile juga sudah mendukung teks Arab dengan font yang cukup modern dan keren. Jika Opera Mini on PC tidak bisa copy paste dengan aplikasi Windows, maka Opera Mobile Emulator ini bisa melakukannya dengan stabil.


Ingin menjajal kemampuan Opera Mobile Emulator 11, silakan download di Tools Mobile.

Bagi seorang webmaster/web designer, membagun web atau blog merupakan pekerjaan yang melelahkan. Mereka harus bisa mendesign website agar terlihat menarik dimata pengunjung. Mereka juga harus dapat membuat web/blog agar bisa bersifat cross browser (tetap terlihat cantik dimata semua web browser baik itu Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari maupun Opera. Selain itu, dengan semakin maraknya akses interet menggunakan perangkat mobile, pekerjaan seorang web designer  menjadi bertambah, mereka harus memutar otak lagi agar web/blog yang mereka kelola tetap terlihat cantik dan dapat diakses dengan mudah menggunakan mobile internet browser.

 

Salah satu aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan test apakah semua persyaratan diatas terpenuhi adalah menggunakan opera mobile emulator. Emulator ini merupakan virtualisasi dari perangkat mobile yang bisa di-install di komputer atua notebook yang anda gunakan saat membagun website maupun blog. Dari beberapa referensi di internet dan juga pengalaman kami saat membangun FastNCheap Blog, opera mobile emulator merupakan aplikasi favorite yang biasa digunakan seorang webmaster untuk mengetest website yang sedang mereka bangun.

Penggunakan opera mobile emulator cukup mudah, anda hanya perlu download aplikasi tersebut dari official webiste opera developer network dan menginstallnya di desktop PC yang anda pakai. Setelah menginstallnya, anda langsung bisa menggunakannya tanpa perlu melakukan setting lagi. Menu-menu yang disediakan juga cukup mudah, tidak perlu banyak waktu untuk membiasakan diri dengan aplikasi kecil ini. Yang diperlukan hanyalah kesungguhan dalam mengetest web atau blog yang sedang anda bangun. Pada menu setting yang disediakan, anda bisa melakukan beberapa setting seperti load image, opera link, user agent dan banyak lagi. Semua bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan perangkat mobile sungguhan.

Kesimpulan :
Opera Mobile Emulator, salah satu aplikasi favorite yang bisa anda gunakan untuk mengetahui kompatibilas website yang sedang anda bangun jika dilihat dari perangkat mobile seperti handphone, iPhone, PDA phone, BalckBerry dan perangkat lain. Jangan sampai website yang anda kelola terlihat cantik dan menarik jika dilihat dengan PC atau notebook tetapi kacau balau jika dilihat dengan perangkat mobile. Meskipun begitu, sekali-kali anda perlu mencoba mengakses website melalui perangkat mobile sungguhan untuk melihat hasil nyata dari pekerjaan anda.

4 komentar

gony mod

pas saya klik launcher opera mobile emu kok yg kluar unable to execute bla bla bla

Reply

mungkin belum diinstall JRE, java runtime environment... googling saja...

Reply
Anonim mod

Saya dowload yang g ribet di operanya langsung/ g pake emulator

Reply
Anonim mod

Saya langsung dowload operamini for windows dari situs opera, langsung di install g pake emulator. Dan ternyata joooooooooos. Silakan linknya lihat di dapur PISS-KTB. hehehehe

Reply

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar