Baca Kitab Kuning di HP dengan QReader

Pada beberapa tahun yang lalu saya pernah menulis di blog ini sebuah artikel berjudul” Kini Semua Kitab Kuning di HP”. Tanpa saya sadari ternyata banyak yang berminat untuk mendapatkannya. Hanya saja link download yang saya cantumkan, susah ditelusuri kembali oleh para pecinta ilmu keislaman virtual. Entah apa sebabnya banyak yang mengeluh, padahal saya sendiri bisa download lengkap sekitar 2000 kitab versi txt tanpa ada kesulitan sedikitpun. Saat itu software yang saya pakai “ReadManiac”, ini juga banyak dari teman-teman yang kesulitan mengoperasikannya, sehingga praktis baik file kitab maupun softwarenya susah didapat dan dipakai.
Alhamdulillah beberapa minggu lalu, saya dapatkan info dari situs: forum.benefit-ms.com, bahwa software “QReader” cukup memadai untuk membaca teks-teks Arab. Bahkan software ini dilengkapi dengan fasilitas “search” teks, dan go to (pencarian melalui input no halaman atau prosentase). Memang awalnya saya “jatuh bangun” menjalankan software ini, alasannya: (1) statusnya masih “unsign”  shg selalu gagal diinstal, (2) HP saya tidak dilengkapi “writing language” Arabic, jd kesulitan mencari teks Arab. Akhirnya, dua masalah di atas bisa teratasi dengan: (1) mengkoversi menjadi Qreader signed dengan software “Free Signer”, (2) install total HP dengan firmware Midle East Language (meski bahasa Indonesianya hilang).
 
Cara install software ini cukup mudah, yaitu dengan mengkoneksikan kabel data (dg pilihan PC Suite) dan mengklik dua kali lalu ikuti petunjuk hingga selesai. Adapun konten kitab kuningnya bisa diinputkan ke memory card (minimal 4 GB) (dg pilihan mass storage). Setelah itu, cukup mengkopi seperti biasa ke E:(memory card), kalau bisa buat folder yg mudah dikenal untuk menyimpan file kitab tsb. Software tsb kompatible dengan HP Simbian S60v5 (Nokia 5800/N97).
Silahkan download file kitab dan software-nya di link berikut:

1 komentar:

makasih infonya bos... ijiz sedot dulu...

Reply

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar