Selasa, 04 Januari 2011

Othman Quran Browser With Indonesian Translation


Oh yeah, setelah migrasi ke GNU/Linux sudah saatnya bagiku untuk ber-’riset’ ria kembali. Masih tidak jauh-jauh dari Python.
Kali ini yang mendapat kesempatan untuk digarap ialah Othman Quran Browser yang dibuat oleh Muayyad Alsadi. Muayyad Alsadi adalah salah satu pengembang Distro GNU/Linux Ojuba yang fully support Arabic. Ojuba adalah salah satu turunan dari Fedora Core. Yah kalian lebih tahulah apa itu Fedora, qe3. Nah salah satu program yang dikembangkan oleh Muayyad Alsadi di Ojuba-nya adalah Othman Quran Browser atau bahasa gampangnya Al-Qur’an Digital versi Linux. Programnya keren bisa menampilkan teks ayat Al-Qur’an lengkap 30 juz. Cuma ada satu kekurangannya, belum ada terjemahannya. Mungkin karena memang difokuskan Arabic sehingga tidak perlu menampilkan terjemahannya. Akan tetapi bagi kita orang Indonesia akan sulit kalau tidak sekalian diberikan arti (padune pengen ngoprek, qe3).
Berikut ini adalah program Othman Quran Browser yang asli
Othman Quran Browser Original
Nah berikut ini adalah Othman Quran Browser yang sudah di ‘oprek’.
Othman Quran Browser With Indonesian Translation
Lumayan, tinggal melengkapi artinya untuk surat-surat yang lain. Kepalaku melayang untuk memikirkan ide-ide lain yang mulai bermunculan. Silahkan bagi kalian yang bisa programming untuk mulai berkontribusi bagi umat ini dengan sesuatu yang bermanfaat. Melalui kemampuan kalian yang kalian miliki, kalian dapat mengambil peran dakwah di bidang lain. Banyak hal yang dapat dibuat dari ide-ide yang ada diantaranya kita dapat membuat Arab-Indonesia Translator atau yang lainnya. Aku cuma mau ngasih trigger, silahkan orang lain yang meneruskan :) . Oh ya Othman Quran Browser ini menggunakan bahasa PyGTK. Databasenya menggunakan sqlite3, lumayan buat menyimpan data-data yang tidak besar. Kalau udah tak rapikan coding-nya nanti tak share di blog ini. Tunggu ajah :) .

Silahkan Berkomentar
EmoticonEmoticon