MEMBUAT MULTI ADMIN PADA BLOG


By: Oget

Beberapa hari yang lalu, saya sudah membuat sebuah blog untuk sebuah organiasi di kampus ku. Blog yang aku buatpun berhasil. Tapi karena blog ini adalah milik organisai, jadi saya bermaksud untuk membuat milti admin pada blog ini supaya nantinya blog ini bisa dikelola oleh lebih dari satu atau dua orang dengan menggunakan account mereka masing-masing.
Maksudnya adalah, didalam satu blog ini, yang bisa posting atau membuat tulisa baru bisa lebih dari satu atau dua orang, dengan menggunakan akun login mereka masing-masing sehingga antara yang satu dengan yang lainnya akan memiliki password masing-masing.
Lantas bagaimana caranya, berikut caranya :

Masuk ke blog terlebih dahulu dengan cara seperti biasa.
Klik pada setelan/setting (1), anda akan langsung 
dibawa ke halaman setelan dasar, seperti gambar berikut.
3

 
2

 
1

 
1.  Mengundang Penulis
Untuk menambahkan admin atau penulis pada blog, anda harus mengundang penulis yang dimaksud dengan cara tuliskan email dibawahtanda “ +tambah penulis “ (2), setelah itu klik undang penulis (3).
Catatan : saya pernah mencoba mengundang penulis dengan email selain @gmail.com, al hasil penulis yang di undang tidak bisa dijadikan penulis. Jadi, saya sarangkan jika anda mengundang penulis, pastikan email yang di undang adalah @gmail.com.
Selanjutnya email konfirmasi akan dikirim ke email yang telah anda undang. Buka email tersebut dan klik link konfirasinya.
Penting untu diperhatikan:
Untuk anda yang punya akun gmail, tapi belum mengaktifkan google+, maka blognya tidak akan bisa terbaca. Sehingga nantinya pada saat anda mengklik link konfirmasi untuk menjadi penulis di blog, itu tidak akan bisa.
Jadi untuk bisa menjadi penulis di blog, anda harus menyalakan google+ dulu. Caranya sederhana saja;
Bukalah google di www.google.com atau www.google.co.id sehingga akan keluar halaman pembuka google. Selanjutnya anda klik  “+Anda ” di pojok kiri atas pada menu google.
Anda akan dibawa kehalaman login, halam login ini adalah halaman login google+, bukan gmail. Iktui langkah-langkahnya, muali dari pengisian nama google+ anda dan seterusnya sampai selesai.
Perlu di ketahui bahwa apabila google+ belum nyala, maka anda tidak akan bisa menjadi penulis, bagaimana caranya, seperti yang telah saya tulis diatas.
Setelah itu anda dapat masuk ke halaman gmail untuk mencari email undangan sebagai admin dan mengklik link konfirmasi yang ada.
Apabila sukses maka anda akan dibawa ke halaman dasbor blogger sebagai penulis, sebagai penulis ya bukan admin.
Berikut perbedaan tampilan dasbor admin dan penulis.
2. Tampilan Dasbhor Admin
3. Tampilan Dasbhor Penulis
Disini dapat kita lihat dengan jelas perbedaan dasbhor admin dengan penulis, yaitu dari menu yang terdapat. Admin tentu menunya lebih detail dan kompleks, namun penulis menunya sangat simple dan sederhana. Bahkan hanya terdapat menu entri baru/ new post karena posisinya disini hanya sebagai penulis. Penulis tidak bisa merubah settingan yang ada di blog, namun penulis dapat menulis artikel apa saja yang ingin di posting untuk dibagikan.
Akan tetapi, penulis juga dapat dijadikan admin, caranya melalui settingan admin asli. Admin pertama masuk ke menu setelan/setting, kemudian memilih penulis yang ingin dijadikan admin.
4. Tampilan Admin dan Penulis
Seperti gambar di atas, ada admin dan ada penulis. Kira-kira seperti itulah nantinya tampilan apabila undangan penulis anda berhasil.
Untuk merubah penulis menjadi admin, tinggal klik tanda panah ke bawah pada penulis yang dimaksud dan pilih admin.
Apabila nanti penulis sudah menjadi admin, maka penulis tersebut berhak penuh atas blog tersebut, seperti merubah tampilan atau templetnya, setting komentar dan lain-lain. Kira-kira sama lah pernan antara admin asli dengan penulis yang dijadikan admin, hanya saja penulis yang dijadikan admin tidak bisa menghapus admin asli dari admin atau menjadikkanya penulis, sedangkan admin asli bisa menghapus penulis yang dijadikan admin atau menjadikannya sebagai penulis saja.
Itulah tutorial bagaimana cara membuat multi admin pada satu blog. Semoga bermanfaat.

Oget  : http://ogetberbagi.blogspot.com/2012/09/membuat-multi-admin-pada-blog.html

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar