Kinjeng Linux : Linux Indonesia Turunan Puppy 4.1



Apa itu Kinjeng.OS

Apa ya?? apakah termasuk keluarga slack? Mandrake? debian? no its not!! its’ a Suparman!!
Kinjeng.OS [Baca: Kinjeng Operating System atau Kinjeng Open Source atau Kinjeng Oh Sip] adalah salah satu varian atau derivatif dari Puppy Linux. Artinya bahwa Kinjeng.OS sebuah distro hasil dari remastering dari Puppy linux.
Kenapa kami memilih Puppy Linux sebagai source pembuatan distro ini? berikut adalah keunggulan-2 Puppy linux dibanding keluarga-2 linux yg lain :

Source code inti sangat kecil dibawah 80 MB
Mempunyai tampilan yg lebih bagus dibanding DSL (dam smal linux)
Program inti sudah tercakup dalam package yg minim tsb
Dapat dijalankan dengan baik di PC kelas P II
Kebutuhan Memory bisa dari 128 MB
Dapat di install pada Hardisk dibawah 3 GB
Waktu Instalasi antara 10 - 15 menit

Dan masih banyak lagi keunggulan-2 yg lain seperti customisasi yg mudah dan dapat dipelajari dengan cepat.
Mulai dari january 2007 hingga sekarang kami telah mencoba membuat berbagai varian-2 yg masih kami khususkan untuk warnet kami [baca:Kinjeng.Net] serta saudara-2, kolega, handai taulan, aak, teteh, paman, pakde dsb…

Asal Muasal Kinjeng.OS

Pada awal January 2007 berterbarlah isu bahwa akan diadakannya sweeping software bajakan. Terus terang isu tersebut membuat kami kebakaran jenggot. Disamping ekonomi yang sedang lesu, banyak kompetitor dan banyak hutang huhuhu….
Maka dengan semangat 45 dan karena kepepet kami memutuskan untuk memeras kelapa .. eh maksudnya otak untuk berusaha mencari jalan keluar dari permasalahan yang membuat jantung berdebar, susah tidur dan susah makan.. susah beli rokok… dan susah cari cewek.

Alhamdulillah pada saat itu kami dapat bantuan dari kolega kami berupa sejumput bandwith senilai 256 up to 1 Meg Kbps, Tau tuh ngambil dari mana, yang jelas kesempatan tersebut tidak kami sia-siakan.
MAka mulailah kami begadang siang malam untuk mendownload seluruh distro linux mulai dari Linspire, Ubuntu sampai Untumu dan variannya, Mandriva sampai Mandra, PC linux OS, IGOs Nusantara sampe IGOS Mrongos, pokoknya banyak hampir semua kita coba meskipun kita mengorbankan 2 Workstation khusus untuk experimen.
Kendala di kami adalah 7 Ws untuk internet mempunyai spek yang minimum yaitu pentium 2, 3 dan via C3, Ram 128 sampe 256 hardisk 3 Gb kebawah vga ya standart saja. sedangkan spek untuk 10 game center kami adalah Atlhon XP 2500, HD 40, Ram 256, VGA Gforce 32 MB.

Dilemanya adalah bagaimanakah kami menginstall linux di pc ws?? karena semua distro tersebut rata-2 membutuhkan space pokok 5 Gb!! mumet kiye karena dana belum ada dana buat upgrade..

Akhirnya kita menemukan distro puppy linux dan banyak variannya yg bisa dijalankan di PC dengan spek minimum. Bahkan WS dengan pentium 3 kita bisa lebih cepat dari sewaktu menggunakan WinJrot XP walaupun sudah menggunakan Tiny XP.
Tentu saja distro tersebut sudah kita packing ulang dan kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Yang jelas kami sudah tidak perlu repot-2 dengan virus atau user yg nakal, karena kalau troble atau rusak tinggal instal ulang gak sampe 10 menit dah jadi lengkap dengan fitur-2 nya !!!!! eurekaaa!!! dan hanya membutuhkan 360 MB !!! Huahahahah !! jrot…
Saudara-2 sekalian setanah air dan sebangsa tidak perlu takut mencobanya, karena kita juga baru belajar linux. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan belas kasihan dari para pakar-2 linux indonesia untuk bantuannya menyempurnakan distro ini. Mari kita kalahkan dominasi dari paman Bill G**** ayo maju Indonesia!! MERDEKA!!

Download Kinjeng.OS

1 komentar:

Anonim mod

sip, saya pemakai knoppix, sejak awal tahun 2004, make ubuntu pertengahan tahun 2004, nyoba suse di tahun 2005, mulai nyoba puppy di tahun 2005 juga, geser lagi ke ubuntu, ngikut ubuntu terus sampai tahun 2008, eh kembali ke puppy lagi tahun 2009 sampai sekarang, belum ganti ke distro lainnya, cuman kalo ganti ke puppy terbaru ya iyalah. sekarang pakai puppy slacko. belum nyoba remaster dari kinjeng, hidup indonesia go open source, jempol buat komunitas kinjeng oh sip!!!!!!

Reply

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar