Bismillahirrohmaanirrohiim

Windows XP Mini LiveCD : 40 MB Bisa Ber XP ria

Opera Portable bawaan Hirensbootcd sangat lancar

Note : file driver *.uha di folder HBCD bisa dihapus sehingga iso jadi 40 mb

Dari Hirensboot terbaru versi 13.0 yang menarik bagi saya sebetulnya adalah MiniXP nya yang konon mampu mengkoneksikan internet lewat driver modem wifinya. Dan itu membuat saya dengan sengaja mendownload 300an mb file rar berisi iso nya hiren cd, setelah hampir 3 jam membiarkan Google Chrome hidup di area wifi sekolah, akhirnya file windows minixp bisa saya pisahkan dari file aslinya yang 300an mb. 

40 mb file iso buatan Poweriso, ternyata bisa dicoba pakai grub4dos bootloader sehingga saya tidak susah-susah membakarnya pada cd, tapi cukup meletakkannya pada usb flashdisk dan dan membootnya via grub, meski saya sudah mencobanya terlebih dahulu via MobaliveCD turunan Qemu itu.

Setelah memncobanya booting lewat flashdisk, akhirnya saya harus memberi empat jempol pada pembuatnya karena meski kecil, tapi sangat setabil dan cepat, dan mampu menjalankan beberapa aplikasi penting, terutama yang ada pada cd hiren folder wintools (hampir seratus aplikasi, termasuk Opera browser, IrfanVier, Ghost, Notepad2, Foxit PDF Reader dan lainnya).

Ini beberapa screenshoot hasil jepretan irfanview langsung dari MiniXP :

Melihat pdf dengan Foxit Reader

Melihat sedikit sekali proses yang aktif

Flash dengan format exe sangat lancar dipelototi

eBook yang terbuat dari Web2exe bisa dijalankan dengan sempurna



Coba buka file dejavu dengan Lizartech portable

PALING DIMINATI

Back To Top