ChemSpider.com : Google-nya Kimiawan



Berbahagialah bagi para pemerhati Kimia di seluruh dunia (khususnya Kimiawan) karena kini telah hadir ChemSpider, yaitu sebuah website yang menyediakan database koleksi senyawa yang dikumpulkan dari berbagai macam website diseluruh dunia hampir 25 milyard senyawa berhasil dikumpulkan dari 400 sumber data, website ini mampu memberikan gambaran struktur senyawa kimia beserta dengan informasi lengkap mengenainya serta bagaimana kita dapat melakukan sintesis terhadapnya. Dan lebih asik lagi siapa pun dimanapun dia berada dapat menggunakan layanan ini secara GRATIS. Terima kasih pada Royal Society of Chemistry (RSC) yang telah menyediakan layanan ini pada kita.

Apa yang dapat diberikan ChemSpider pada kita?

Memberikan data senyawa kimia, struktur, sifat, nama trivialnya, beserta daftar tautan terkait dari mana sumber data tersebut telah didapatkan.
Pemeriksaan struktur senyawaan kimia secara otomatis, disertai dengan “koment” dan perangkat koreksi sserta review dari ahlinya.
User yang telah melakukan registrasi dapat mengupload struktur, menambahkan data spektra, video, audio yang berhubungan dengan senyawa tersebut.
Data yang ada di ChemSpider bersifat dapat diakses dan digunakan oleh siapa saja, dan didownload.

ChemSpider diintegrasi dengan tautan dari berbagai sumber terpecaya misalnya RSC jurnal, PubMed, dan buku-buku RSC.
Dengan semakin banyaknya data yang diterbitkan secara online maka, ChemSpider mengundang siapa saja untuk dapat mempublikasikan secara online data senyawa kimia berupa struktur, sifat, dan data-data yang lain. Dengan berbagi inilah maka diharapkan ilmu kimia aka dapat berkembang dengan pesat.

Bagaimana Cara Menggunakan ChemSpider?

Berikut diuraikan cara bagaimana Anda bisa menggunkan ChemSpider:

1. Kunjungi disini situs ChemSpider (akan terbuka pada tab baru di browser Anda). Selanjutnya Klik menu “Search” yang terdapat pada menu navigasi ChemSpider.

2. Saya coba dengan mencari struktur “c6h12o6” setelah diklik maka saya dapatkan hasil sebagai berikut:



Untuk melihat keterangan dan details Anda bisa mengklik link yang terdpat di halaman hasil pencarian Anda.

Bila ingin melihat jenis-jenis reaksi dari berbgai macam jurnal maka tinggal mengunjungi cssp.chemspider.com. Ketikkan nama reaksi pada kolom “search” yang telah disediakan disini saya mencoba untuk mencari reaksi “ester hydrolysis” maka hasil pencarian akan ditampilkan seperti gambar berikut:



Untuk melihat prosedur bagaimana reaksi itu berjalan Anda tinggal mengklik nama reaksi yang bersangkutan. Memang sih ChemSpider ini masih versi beta (istilah yang dipakai dalam dunia online jika suatu program/software baru diluncurkan untuk ditest performanya) tapi saya rasa sudah bisa dijadikan rujukan yang cukup baik untuk mencari data senyawa kimia.

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar