eBook islami http://www.waqfeya.com

Memang benar bahwa kitab-kitab berbahasa Arab memang telah beredar di internet dengan sangat marak. Salah satu yang paling fenomenal adalah maktabah syamilah yang memiliki koleksi ribuan judul k itab.
Siapa saja bisa mengunduhnya sesuka hati, bahkan mereka membuat sebuah client sendiri untuk bisa membuka dan mengorganisir file-file buku secara teratur.
E-Book Pdf

Selain itu juga ada satu situs yang menyediakan ratusan e-book berformat Pdf, semuanya kitab berbahasa Arab. Yang menarik dari format Pdf ini, meski filenya agak besar, tapi tampilanya akan nampak persis seperti halaman di buku aslinya.
Situs itu adalah http://www.waqfeya.com, anda bisa melihat begitu banyak buku dengan format Pdf yang tersedia. Yang menarik, buku-buku itu bisa langsung diprint, kalau kebetulan printer anda laser, hasilnya nyaris sama dengan kitab aslinya.
Sebagai ilustrasi, kemarin di Pameran Buku di Senayan kami sempat beli kitab berjudul Ushulul Fiqhil Islami, karya Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili yang legendaris itu. Terdiri dari dua jilid tebal-tebal, 680 halaman untuk jjilid pertama dan 496 halaman untukjilid kedua, jadi total 1.176 halaman. Harganya lumayan juga, Rp 255.000.-

Begitu pulang ke rumah, kami cek dan ternyata buku itu ada di situs tersebut, bisa diunduh gratis dalam hitungan menit.
Memang kita beruntung hidup di abad 21 ini, nyaris semua literatur sudah tersedia di jagad maya, sehingga kita tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Syiria atau Mesir hanya untuk belanja buku. Cukup akrabkan diri kita dengan internet, klak dan klik, buku-buku itu sudah ada di hadapan kita dalam sekejap mata.
Selain kitab ushul fiqh itu, di sana juga ada kitab beliau yang yang juga fenomenal, yaitu Al-Fiqhul Islami wa adillatuhu yang terdiri dari 8 jilid (mungkin cetakan lama).

Kitab beliau ini dijuluki sebagai ensiklopedi syariah Islam, karena memang memuat hampir semua pendapat para ahli syariah dalam setiap pembahasannya.
Umumnya kitab ini banyak dipakai di berbagai perguruan tinggi fakultas syariah, karena bahasanya mudah dan rujukannya banyak. Setidaknya bisa menjadi lokator untuk mencari rujukan ke kitab yang lebih tinggi dan muktabar.
Kalau mau agak rajin, di situs itu kita juga akan mendapatkan link untuk mengunduh sebuah kitab fiqih fenomenal lainnya, yaitu kitab Al-Mufashshal fi Ahkamil Mar'ah, karya ulama kontemporer Iraq, Dr. Abdul Karim Zaidan.
Kitab ini juga tidak kalah lengkapnya dengan kitab di atas, jumlahnya ada 11 jilid tebal-tebal, pokoknya Anda baca buku ini pasti kenyang dari sudah bisa jadi calon seorang 'alim di bidang fiqih.

Kitab ini secara khusus memberikan porsi lebih khusus pada pembahasan fiqih wanita. Dan tentu sajamenjadi salah satu keunggulan kitab yang sarat dengan rujukan ini. Sangat lengkap dan enak dibaca, karena setiap masalah diberi nomor tersendiri.
Dan yang paling fenomenal lagi adalah terdapatnya Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, sebuah ensiklopedi fiqih terlengkap yang mungkin di Indonesia belum ada yang menjualnya, meski di toko kitab khusus berbahasa Arab. Kitab ini terdiri dari 45 jilid tebal, disusun layaknya sebuah ensiklopedi umumnya, hanya minus gambar ilustrasi.

Kitab yang disusun dan diterbitkan oleh Kementrian Wakaf dan Urusan Islam Kuwait, disusun berdasarkan abjad bahasa Arab, mulai dari huruf Alif, Ba', Ta', Tsa' dan seterusnya. Pendeknya nyaris semua masalah yang terkait dengan hukum Islam, bisa kita dapati pembahasannya dalam ensiklopedi ini.
Punya kitab-kitab seperti ini, sudah lumayan lengkap, setidaknya untuk ukuran kita yang awam ini.Cukup nyontek saja dari semua tulisan yang ada di dalamnya, rasanya semua masalah sudah kita dapat jawabannya.
Buku-buku ini memang perlu diunduh dan file-filenya agak besar, karena merupakan image yang discan langsung dari kitab aslinya.
Semoga buku ini bermanfaat, setidaknya buat koleksi pribadi. Dan ternyata buku-buku lain masih banyak, silahkan unduh sendiri saja langsung dari situs aslinya.
Dan buat yang belum bisa bahasa Arab, setidaknya punya buku ini bisa menambah motivasi untuk belajar.

Tapi ingat, sekedar bisa bahasa Arab, tidak lantas membuat seseorang jadi 'alim dan berilmu. Tetap saja ilmu itu harus dengan belajar kepada ahli ilmu. Jangan seperti tokoh yang kerjanya cuma duduk di dalam perpustakaan, lantas merasa dirinya sudah melebihi siapa saja, bahkan mengklaim dirinya adalah satu-satunya yang tersisa dari ahli di bidangnya di masa sekarang ini.

Seorang yang alim seharusnya punya ilmu padi, tidak merasa jumawa, apalagi merasa paling hebat sendirian. Ilmu setiap orang ada batasnya, maka jangan mereka diri paling pandai. Apalagi baru sekedar bisa mengunduh file Pdf kitab-kitab berbahasa Arab, tentu tidak lantas boleh dianggap sebagai ulama.

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar