HAIKU-OS Alpha 3 LiveCD : Sistem Operasi Multimedia Gratis dan Ringan


Tak sengaja mendapati iklan MIDNIGHT FLASH UNLIMITED nya Telkomsel, akhirnya dengan merelakan pulsa 25 ribu, modem Etisalat 1550E dengan memakai softwarenya modem Sun Broadband dan rela menunggu hadirnya tengah malam,  kesampaian juga mendownload HAIKU-OS Alpha 3 sebesar 230-an MB zipped dalam kurun waktu 2 jam. Namun setelah diekstrak menjadi 550-an MB. Dibantu dvd ekternal Samsung, file iso cd tersebut terbakar dengan sempurna dan bisa diboot dengan lancar tanpa pesan yang "aneh-aneh" di Netbook Advan A1N-70T 1,6 Ghz.

Haiku, sebelumnya dikenal sebagai OpenBeOS, adalah sebuah proyek sistem operasiopen source untuk menciptakan Be Operating System pada komputer x86 dan PowerPC. Dimulai sebagai "OpenBeOS" pada 2001 setelah Be dibeli oleh Palm, Inc. dan BeOS tidak lagi dilanjutkan. Pada 2004 nama baru dipilih untuk menghindari pelanggaran hak nama Palm. Proyek ini dikendalikan oleh Haiku Incorporated, sebuah perusahaan nirlaba di New York.

Setelah masuk dan mencicipi OS baru tapi dengan hati lama (BeOS), akhirnya alif dibuat kagum dan buas eh puas... Hanya aplikasi Office yang masih kurang, itupun sebetulnya bisa ditambal dengan Gobe Productive (sayang masih berbayar). Untuk urusan multimedia, file gambar standar bisa dibuka dengan cepat, bahkan file audio dan video milik saya hampir tidak ada yng tidak bisa dibuka dan dinikmati. Maklum file sekelas MP3, MP4, 3GP, Avi, MPG, Mov, MKV, RMVB, FLV dan lainnya sudah built in codec di OS ini mungkin.

Sayang sekali aplikasi penangkap screenshoot bawaan tidak berjalan dengan baik, sehingga alif hanya bisa memperlihatkan Haiku-OS berjalan diatas Qemu nya MobaliveCD 2.1.

Untuk lebih mengenal Haiku-OS :

  • Official Haiku Website
  • Haiku News (formerly The BeOSJournal) Focuses on Haiku OS news reporting, interviews, application reviews, and community events, in addition to BeOS related interests.
  • Haiku Wiki
  • HaikuHost.com Provides mirrored downloads of various "unofficial" Haiku builds; updated hourly.
  • HaikuBounties A site offering bounties to further the development of Haiku.
  • IsComputerOn A BeOS news site, focusing predominantly on Haiku.

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar